Pemetaan TORA Raja Ampat Regu II

Pemetaan TORA Raja Ampat Regu II

Jumat, 21 Desember 2018, 02:34 WIB

Sebagai upaya percepatan legalisasi obyek agraria di kawasan hutan, pemerintah telah menerbitkan payung hukum dalam Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2017 tentang Penyelesain Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan (PPTKH).

Pemerintah akan melakukan pola penyelesaian untuk bidang tanah yang telah dikuasai dan dimanfaatkan setelah bidang tanah itu ditunjuk sebagai kawasan hutan. Langkah penyelesaian yang diambil, di antaranya dengan mengeluarkan bidang tanah dalam kawasan hutan melalui perubahan batas kawasan hutan. Opsi lain yaitu dengan melakukan tukar menukar kawasan hutan. Selanjutnya, dengan memberikan akses pengelolaan hutan melalui program perhutanan sosial atau opsi terakhir dengan melakukan resetllement.

Pemetaan TORA di Kabupaten Raja Ampat dilaksanakan selama 18 hari dimulai dari tanggal 4 September sampai selesai. Pemetaan dilakukan pada lokasi lakosi yang masuk dalam kawasan hutan yang terdapat aktifitas seperti perkampungan dan sarana pembangunan lainya. kelompok pemetaan terbagi menajdi 3 kelompok yang mempunya lokasi pemetaan yang berbeda sesuai dengan peta kerja yang sudah dibuat. Pemetaan regu 2 meliputi kampung salio, Meosmanggara, Manyaifun, Gak, Waisilip, Biaci, Kepulauan Pam, Mutus dan Waisai.

 

Share: