SOSIALISASI DAN PENYUSUNAN RAPERDASUS PROVINSI KONSERVASI 2016

SOSIALISASI DAN PENYUSUNAN RAPERDASUS PROVINSI KONSERVASI 2016

Jumat, 16 Maret 2018, 17:18 WIB

Penyusunan dan sosialisasi raperdasus papua barat sebagai provinsi konservasi yang dilaksanakan berawal dari Pembentukan Kelompok Kerja [POKJA] Provinsi Konservasi melalui SK Gubernur Papua Barat, Penyusunan  Legal Drafting oleh POKJA-PK (Naskah Akademik & RANPERDASUS) dan Deklarasi Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi Pada 19 Oktober 2015.

Penandatangan Deklarasi Provinsi Konservasi Oleh Gubernur Papua Barat

Adapun Kegiatan yang dilaksanakan pada penyusunan dan sosialisasi raperdasus papua barat sebagai provinsi konservasi yaitu

  • Seminar sehari papua barat sebagai provinsi konservasi pertama di Indonesia
  • Provinsi Konservasi Dalam Perspektif Akademis
  • Scenario Planning Masa Depan Provinsi Konservasi
  • Dialog Interaktif Dalam Rangka Sosialisasi dan Promosi Provinsi Konservasi
  • Harmonisasi Draf Raperdasus Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi
  • Sosialisasi dan Promosi Provinsi Konservasi di Tingkat Pusat (Jakarta).
  • Uji Publik Draf Raperdasus Provinsi Konservasi Papua Barat

Kegiatan Penyusunan dan Sosialisasi Raperdasus Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi dibuat dalam bentuk rapat-rapat, seminar dan dialog. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan mengacu pada road map papua barat sebagai provinsi konservasi.

Road Map Provinsi Konservasi

Seminar Sehari Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi Pertama di Indonesia

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Juni 2016  di Manokwari dengan menghadirkan Pembicara dari akademisi, LSM, dan Tokoh Masyarakat. Kegiatan yang berlangsung sehari ini diikuti SKDP di lingkup Pemerintah Provinsi serta Lingkup Pemerintah Kab/Kota dan Pemerhati Lingkungan Hidup.

Adapun beberapa materi yang disajikan dalam seminar sehari ini yaitu pembangunan berbasis konservasi di Provinsi Papua Barat, Data Spacial konservasi memanfaaatkan teknologi penginderaan jauh, Pentingnnya modal sumber daya alam terhadap penghidupan masyarakat di Provinsi Papua Barat, Raperdasus Provinsi Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi, Penjajakan proses Perencanaan Skenario untuk Provinsi Konservasi Papua Barat dan menyambut Deklarasi Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi.

Penyampaian materi dari Prof. Yohanis Usfunan

Scenario Planning Masa Depan Provinsi Konservasi

Kegiatan Scenario Planning ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Penyusunan dan Sosialisasi Raperdasus Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi. Pelaksaaan kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dimulai dari tanggal 3 oktober 2016 sampai 07 oktober 2016, kegaiatan ini dilasakanakan di Manokwari.

Skenario Planning Masa Depan Provinsi Papua Barat merupakan gambaran situasi yang diperkirakan terjadi dimasa depan terhadap proses kepedulian berdasarkan pemahaman para pihak. Pada kegiatan skenario planning ini diikuti oleh SKPD Kab/Kota, SKPD Provinsi Papua Barat serta Akademisi Universitas Papua. Dimana kegiatan ini berisikan proses perencanaan masa depan provinsi konservasi yang dibuat oleh para peserta yang dibagi dalam kelompok-kelompok tim yang bertujuan merumuskan kondisi masa depan papua barat sebagai provinsi konservasi. Adapun beberapa skenario yang telah di susun berdasarkan pembagian kelompok pada kegiatan ini yaitu masyarakat sejahtera dilingkungan lestari, anugerah terindah dikepala burung, satu tungku tiga batu untuk provinsi konservasi papua barat, amazing vogelkop dan cendrawasi terus menari.

Penyampaian Materi Scenario Planning

Harminosasi Draf Raperdasus Provinsi Konservasi dan kegiatan sosialisasi dalam rangka promosi Provinsi Konservasi

Kegiatan Harmonisasi Draf Raperdasus Provinsi Konservasi merupakan penyempurnaan draf reperdasus agar sesuai dengan kaidah tata bahasa hukum. Kegiatan harmonisasi di hadiri oleh tim pokja provinsi konservasi papua barat dan biro hukum. Dimana pada kegiatan ini Biro Hukum telah memberikan tambahan untuk penyempurnaan draf raperdasus sebelum di bawah pada tahap selanjutnya ke tingkat legislatif.

Harmonisasi Draf Raperdasus Provinsi Konservasi

Dialog Interkatif Papua Barat Sebagai Provinsi Konservasi

Kegiatan Sosialiasi Raperdasus Provinsi Konservasi Melalui Media Masa dan Elektronik, dimana kegiatan tersebut dibuat dalam bentuk dialog secara langsung melalui RRI Manokwari. Dialog interaktif yang berlangsung tersebut dihadiri empat pembicara yaitu Ketua DPRD Papua Barat, Sekda Provinsi Papua Barat, Rektor Universitas Papua dan Kepala Bidang Pengendalian Pengecemaran dan Pengelolaan Limbah. Dialog yang berlangsung bertujuan untuk sosialisasi dan promosi rancangan peraturan provinsi konservasi kepada masyarakat agar dapat diketahui manfaat dan tujuan dari Provinsi Konservasi.

Dialog interaktif di RRI Manokwari

Papua Barat merupakan provinsi yang memiliki kekayaan alam yang perlu di awetkan dalam bentuk konservasi. Kekayaan alam tersebut dianntaranya keanekaragaman hayati baik flora dan fauna. Sumber daya alam penghasil energi seperti migas harus diatur secara baik demi kebelangsungan generasi penerus di papua barat.

Penyusunan dan sosilaisasi rapersadus provinsi konservasi ini telah dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah tersusun dalam road map provinsi konervasi Papua Barat. Sehingga kedepannya pencapaian dari provinsi konservasi dapat dirasakan manfaatnya demi keberlangsungan masa depan yang lebih baik di Provinsi Papua Barat. Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi dan Kalau Bukan Kitorang Siapa Lagi. God Blees The Land Of Papua.

Share: